Pemerintahan Desa Sukowono: Menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah

Pemerintah desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, dimana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam pengambilan keputusan. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti di atas perlu dilakuan beberapa hal, meningkatkan kinerja dan fungsi aparatur pemerintahan desa.

Aparatur pemerintahan Desa Sukowono perlu dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan aparatur desa agar mendapatkan kepercayaan dari warga masyarakat.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa dan aparatur desa, segala keuangan harus transparan dan terbuka. Transparan dan terbuka yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang didapat sekaligus dengan pengalokasiannya. Minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah desa serta membuat laporan kepada BPD.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh atau wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar kepala desa serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai denga tugas dan fungsinya. Pelayanan publik, pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku. Peningkatan keamanan dengan memfungsikan kembali pos kamling di lingkungan akan lebih meningkatkan keamanan di lingkungan desa.

Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak atau kurang baik menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat, dan dari yang rusak menjadi bagus. Prioritas utama yang harus dilakukan kepala desa dalam pembangunan desa adalah: pembangunan akhlak disebut pembangunan akhlak diarahkan menjadi manusia yang berakhlak karimah. Sarananya adalah pengajian-pengajian, majelis taklim, serta kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pembinaan bersholawat bersama. Hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.

Pembangunan fisik berupa peningkatan perekonomian pada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan kerja, pelatihan-pelatihan usaha kecil sehingga masyarakat Sukowono menjadi warga yang mandiri dan produktif. Mengadakan sholawatan bersama tiap bulan bersama masyarakat dan perangkat desa agar tercapai masyarakat yang berahlak dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pembangunan fisik melalui pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan melakukan pengaspalan jalan pokok, pemavingan jalan lingkungan ataupun rabat beton untuk jalan lintas persawahan.

Pembangunan sarana pendidikan non formal dengan memberikan kepedulian penuh dengan menambah insentif bagi guru TPA atau TPQ. Pembangunan taman di alun-alun Sukowono yang merupakan jantung dari Desa Sukowono sehingga bisa dijadikan sarana olah raga ringan ataupun tempat berkumpulnya pemuda-pemuda Sukowono sehingga bisa diarahkan ke kegiatan yang positif.

Sebagian besar penduduk Desa Sukowono adalah petani, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani seperti sulitnya air pada musim kemarau. Sulitnya pupuk bersubsidi di masa-masa musim tertentu, dengan demikian desa akan hadir dengan program sarana prasara perbaikan saluran irigasi dan memberikan permodalan melalui koperasi tani. Sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa. Pengembangan dan pendampingan pada kelompok-kelompok pertanian akan lebih ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan melalui kerjasama dengan bidang pertanian tingkat kabupaten sehingga kelompok-kelompok pertanian Desa Sukowono tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi terbaru sehingga masyarakaat bisa lebih tahu untuk bisa menjadi petani yang maju dan sukses. Meningkatkan kinerja RT dan RW, pembinaan PKK dan memfungsikan BUMDes.

Pemerintahan desa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah. Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah desa baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan. Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia. Tersedianya transportasi yang baik. Pendidikan TPA dan TPQ lebih maju dengan kedinamisan. Terwujudnya persatuan olah raga desa dibawah kepemimpinan karang taruna desa dengan berbagai cabang olah raga seperti sepak bola dan bola voly dengan sistem keuangan yang baik.

“Berfungsinya kelompok tani, terwujudnya kelompok tani dengan permodalan yang baik melalui koperasi. Terwujudnya profesional kinerja RT dan RW. Berfungsinya PKK sebagai wadah pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya. Terbentuknya BUMDes yang transparan. Dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahim semoga niat baik kita dalam mengabdi kepada desa di ridhoi Allah SWT,” tandas Horifah, Kepala Desa Sukowono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *